Home » , , , , » Air Sadapan Tanaman Harendong Sebagai Obat Batuk

Air Sadapan Tanaman Harendong Sebagai Obat Batuk

Tanaman Harendong/Senggani
Mungkin sekarang Anda sudah tahu yang namanya tanaman Harendong (Senggani). Saya yakin banyak dari kalian yang sudah mengenal tanaman tersebut karena sudah saya jelaskan pada postingan sebelumnya tentang harendong. Beberapa blogger hampir semua menampilkan beberapa khasiat dari tanaman harendong tersebut. Banyak penyakit yang bisa disembuhkan oleh tanaman Harendong, mulai dari hepatitis, diare, basiler, sariawan, haid yang berlebihan, perdarahan pada bagian rahim, keracunan, berak darah, wasir darah, sariawan, dan lainnya.

Padahal ada satu lagi yang mungkin lupa atau belum diketahui oleh Anda bahwa ada lagi khasiat dari tanaman harendong sebagai Obat Batuk.

Pohon Aren dan Kelapa
Yaitu dari air sadapan dari tangkai yang dipotong, di ujung bekas potongan tadi diberi plastik diikat agar air cucuran sadapan tidak meleleh keluar. Agar mendapatkan hasil yang banyak dari sadapan biarkan tunggu semalam, besok bisa dicek kembali apakah sudah cukup air sadapan untuk digunakan sebagai obat batuk. Coba lihat gambar disebelah kiri tulisan, itu adalah pohon Aren dan Kelapa yang disadap sebagai Contoh saja. Bedanya tangkai pohon enau atau aren sudah melengkung dari asalnya karena berat sama buahnya akhirnya melengkung sendiri. Prosesnya hampir sama tapi harendong lebih gampang.

Untuk lebih jelasnya proses sadapan pada pohon harendong sebagai berikut:

  1. Cari atau pilih tangkai harendong yang tidak terlalu keras untuk bisa dilengkungkan lalu potong ujung tangkai dengan pisau.
  2. Kemudian lengkungkan tangkai tersebut 90 derajat sampai mengarah ke tanah agar air sadapan turun.
  3. Untuk menahan agar tangkai itu tetap melengkung, maka harus memakai tali dari ujung tangkai kira-kira 10 cm, diikat ke pohonnya atau kemana saja untuk menahannya.
  4. Siapkan kantong plastik lalu masukan dan tutupi ujung tangkai tadi yang telah dipotong kira-kira 5 cm dari arah ujung untuk menampung air sadapan.
  5. Silahkan buat lagi dari tangkai lain seperti diatas untuk memperoleh hasil yang banyak.
  6. Diamkan dan tunggu semalaman untuk memperoleh air sadapan yang banyak, kemudian bisa diambil besoknya.
  7. Minum hasil air sadapan tersebut untuk menghilangkan penyakit batuk.
Demikian tips atau cara mengambil air sadapan dari tanaman harendong sebagai Obat Batuk Alami. Tidak hanya dari tanaman harendong saja yang mempunyai khasiat dan kegunaan sebagai obat batuk, tapi dari tanaman lain juga ada seperti tanaman alang-alang, pohon randu dan lain-lain. 


Semoga tips ini bermanfaat buat Anda karena saya sendiri sudah merasakan khasiat dari air sadapan harendong tersebut. Kalau memang sakit Anda berlanjut segera hubungi dokter. Karena semua hasil bervariasi tergantung kecocokan obat pada tubuh Anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil! (kangtebe.net).*

7 komentar:

  1. Wah ternya tanaman harendong bisa di jadikan ramuan tradisional untuk beberapa penyakit, salahsatunya obat batuk.
    Mungkin untuk orang yang tinggal di perkotaan tanaman ini sudah sangat jarang di temukan. Apakah bisa di dapatkan di pasaran ?

    ReplyDelete
  2. Saya baru pertama melihat tanaman bernama harendong ini kang, dan ternyata dari air sadapan pohon ini berkhasiat untuk membantu mengobati penyakit batuk.

    ReplyDelete
  3. Tanaman harendong bisa nih di jadikan ramuan / racikan tradisional, sbg alternatif untuk membantu mengobati penyakit batuk.

    ReplyDelete
  4. Boleh juga nih, anak saya sering sekali terserang batuk. Obat batuk mulai yang sirup, tablet sudah sering saya berikan pada anak. Namun, obat-obat tsb hanya bisa meredakan sementara saja. Kini saya akan beralih pada pengobatan herbal dengan meracik harendong.

    ReplyDelete
  5. Ajaib sekali ya, tanaman harendong bisa membantu mengobati penyakit batuk dan banyak lagi.

    ReplyDelete
  6. Selain tanaman harendong, sebenarnya masih ada tanaman lainnya yang bermanfaat untuk kesehatan, seperti daun dewa, binahong dan banyak lainnya.

    ReplyDelete
  7. Devin@ Iya Kawan betul sekali, msh bnyk tanaman2 lain yg berkhasiat untuk obat2an.

    ReplyDelete

loading...