Home » , , » 10 Pemicu Umum yang Menyebabkan Alergi

10 Pemicu Umum yang Menyebabkan Alergi

Temukan Penyebab Alergi Anda

Bersin Penyebab Alergi
Sekitar satu dari setiap lima orang mengembangkan alergi. Alergi timbul ketika sistem kekebalan tubuh bereaksi berlebihan terhadap zat dinyatakan tidak berbahaya yang dikenal sebagai alergen. Reaksi yang ringan seperti bersin atau reaksi yang mematikan seperti syok anafilaksis. Cara terbaik untuk mengurangi gejala alergi adalah menghindari alergen Anda. Jadi, apa Anda bisa alergi terhadapnya?

Bulu Hewan Peliharaan

Bulu Binatang Penyebab Alergi
Apakah Anda perhatikan bersin, batuk, merah, mata berair, atau ruam kulit setiap kali dekat hewan peliharaan berbulu? Anda mungkin akan terkejut untuk menemukan bahwa bahkan mamalia berbulu dapat menyebabkan masalah yang sama! Jika itu benar, kemungkinan Anda salah satu dari banyak orang yang menderita alergi bulu hewan peliharaan.

Bulu hewan peliharaan adalah campuran protein disekresikan pada kulit dan air liur hewan, sehingga bahkan kucing berbulu atau anjing dicukur bisa berangkat alergi. Mengurangi alergi Anda dengan menghindari rambut hewan peliharaan dan ketombe. Coba lebih sering membersihkan debu. Memasang sistem penyaringan udara dalam rumah juga dapat membantu.

Alasan lain untuk Benci Kecoa

Kecoa Penyebab Alergi
Seolah-olah Anda membutuhkan satu alasan lagi, inilah alasan lain untuk membenci kecoa: Mereka dapat menyebabkan reaksi alergi seperti bersin, batuk, dan mata gatal, hidung, mulut, dan tenggorokan. Protein dalam kotoran kecoa, air liur, dan bagiannya adalah alergen bagi sebagian orang. Dan lebih kecoa memiliki tempat, semakin besar kemungkinan orang yang bereaksi alergi pada mereka. Beberapa peneliti menyalahkan kecoa untuk peningkatan tingkat asma selama 30 tahun terakhir.

Apakah Sarung Tangan Karet (Latex) Membuat Anda gatal?

Sarung Tangan Karet Penyebab Alergi
Sarung tangan karet ada di mana-mana. Hal ini dapat ditemukan dalam sarung tangan medis, kondom, perban perekat dan perangkat bahkan medis seperti kateter dan peralatan anestesi. Reaksi alergi terhadap lateks bisa serius, bahkan fatal, meskipun hal ini jarang terjadi. Gejala lain termasuk gatal, hidung tersumbat, gatal-gatal, mengi, dan kesulitan bernapas. Semakin banyak Anda telah tekena lateks, semakin besar kemungkinan Anda untuk mengembangkan alergi lateks.

Nikel dan Emas

Nikel atau Emas Penyebab Alergi
Jika anting membuat gatal telinga atau kalung Anda meninggalkan ruam di leher Anda, Anda mungkin alergi terhadap emas atau nikel. Anda mungkin melihat tanda kemerahan, ruam, atau pembengkakan. Segera diobati, alergi ini bisa membuat kulit gelap, kasar, dan pecah-pecah. Beberapa orang dengan reaksi nikel ekstrim bahkan harus menghindari makanan mengandung lapisan nikel, seperti ikan dan cokelat.

Kesulitan bernapas? Mungkinkah Pewarna Makanan?

Pewarna Makanan Penyebab Alergi
Jika Anda perhatikan gatal-gatal, kulit gatal, mengi, muntah, atau diare setelah makan yang berwarna merah, oranye, merah muda, atau makanan dicelup ungu, Anda mungkin memiliki alergi langka untuk pewarna makanan merah. Penyebab reaksi adalah hama, yang tinggal di pir kaktus berduri dari Arizona ke Amerika Selatan, dan secara khusus, pigmen merah tua mereka. Meskipun jarang, alergi pewarna merah bisa sangat serius.

Gigitan dan Sengatan Serangga

Gigitan Penyebab Alergi
Jika gigitan serangga atau sengatan berkembang menjadi bengkak, mual, gatal-gatal, gatal-gatal, kelelahan, atau demam ringan, Anda mungkin akan mengalami reaksi alergi ringan. Beberapa alergi serangga yang lebih serius dan dapat termasuk reaksi alergi parah yang dikenal sebagai anafilaksis, yang menghasilkan gejala seperti pembengkakan wajah, mulut, lidah, tenggorokan, dan gejala serius lainnya seperti kesulitan bernapas dan tekanan darah rendah.

Risiko alergi dalam Pengobatan

Pengobatan/Obat Penyebab Alergi
Banyak orang memiliki reaksi alergi terhadap obat yang berkisar dari ringan sampai mengancam nyawa. Meskipun beberapa reaksi ringan dapat diobati dengan antihistamin atau steroid, kebanyakan dokter akan menyarankan bahwa Anda berhenti minum obat. Dokter Anda mungkin menemukan obat pengganti yang Anda tidak alergi terhadap. Jika Anda sudah memiliki reaksi alergi obat yang parah, pertimbangkan membawa EpiPen dan memiliki gelang medis atau beberapa cara untuk memberitahu perawat medis untuk mengatasi alergi Anda yang parah.

Warna yang Tidak Tepat untuk Anda: Alergi Kosmetik

Kosmetik Penyebab Alergi
Apakah Anda pernah mengalami terbakar, menyengat, kulit gatal atau gatal-gatal setelah mengenakan makeup? Anda mungkin menjadi salah satu satu dari empat orang yang telah melaporkan reaksi kulit dari produk kecantikan. Reaksi-reaksi ini tidak terbatas pada makeup, baik: reaksi alergi terhadap cologne, parfum, atau sampo dapat memiliki hasil yang sama.


Makanan yang Bisa Membunuh

Makanan Penyebab Alergi
Apakah Anda pernah merasa tenggorokan Anda mengencangkan atau lidah membengkak setelah makan sesuatu? Bagaimana pusing, sesak napas, atau gatal-gatal? Anda mungkin memiliki reaksi alergi terhadap makanan. Alergi makanan mempengaruhi sekitar 4 persen orang dewasa dan anak-anak lebih sedikit. Gejala alergi makanan juga dapat termasuk batuk, muntah, pucat atau warna kulit biru, shock, dan kondisi berpotensi mengancam nyawa yang dikenal sebagai anafilaksis. Beberapa alergen makanan umum termasuk telur, susu, kacang, kacang pohon, ikan, kerang, gandum, dan kedelai.

Alergi Tungau Debu

Tungau Debu Penyebab Alergi
Tungau debu adalah alergen umum di sebagian besar AS ini tungau mikroskopis hidup di bantal, kasur, dan karpet kamar tidur dan memakan kulit mati. Membuang benda-benda seperti boneka hewan dan barang-barang yang kompleks yang sulit untuk dibersihkan juga membantu mengurangi debu alergi tungau. Daerah sekitarnya juga harus dibersihkan. Bantal, kasur/springbed dicuci dengan air panas dan tempatkan dengan pembungkus rapi. Itu juga akan membantu menjaga alergi tungau debu.

Jamur

Jamur Penyebab Alergi
Jika Anda sering menemukan diri Anda dengan hidung meler, bersin, mengi, gatal tenggorokan, dan iritasi mata, Anda mungkin telah mengembangkan alergi terhadap jamur. Karena jamur membutuhkan banyak air untuk bertahan hidup dan tumbuh, sebagian besar hidup di tempat yang lembab atau basah. Kamar mandi dan ruang bawah tanah adalah daerah utama untuk cetakan dalam rumah, sementara rumput dan jamur luar memberikan kondisi pertumbuhan yang baik. Ventilasi yang baik di kamar mandi dan ruang bawah tanah membantu daerah kering dan menekan pertumbuhan jamur. Memotong rumput, menyapu daun, dan menyebarkan jamur dapat memicu gejala alergi jamur.

Minyak Balsam

Minyak Balsem Penyebab Alergi
Selain alergi kulit, paling alergen berasal dari salah makanan, obat-obatan, atau lingkungan. Minyak Balsam bisa menyebabkan ketiganya. Hal ini dapat ditemukan di wewangian (deodorant, bedak bayi, tabir surya, suntan lotion, sampo, parfum), perasa (kayu manis, vanili, cengkeh, kapulaga, pala), dan obat-obatan (krim wasir, permen obat batuk, calamine lotion) . Reaksi terhadap minyak balsam termasuk kemerahan, nyeri, pembengkakan, gatal-gatal, lecet, radang mulut, bibir, dan lidah, dan jika tertelan, bisa menyebabkan daerah dubur gatal.

Apakah Wewangian Anda mendatangkan malapetaka?

Wewangian Penyebab Alergi
Sakit kepala, bersin, mata berair, pusing, gatal-gatal, dan ruam semua bisa disebabkan oleh wewangian. Namun, sebagian besar reaksi ini tidak secara teknis alergi, melainkan menunjukkan sensitivitas terhadap wewangian tertentu. Lebih dari 5.000 wewangian yang digunakan dalam segala hal dari parfum dan shampo untuk melukis dan sabun cuci piring, delapan telah terbukti menyebabkan reaksi alergi pada kulit. Sisa dari reaksi yang lebih tepat disebut sebagai sensitivitas, yang menyebabkan gejala yang mirip dengan alergi, tetapi tidak kondisi langka dan berbahaya yang dikenal sebagai syok anafilaksis.

Demikian sedikit info mengenai 10 Pemicu Umum yang Menyebabkan Alergi saya sampaikan. Semoga bermanfaat. (kangtebe.net).*

Sumber: http://www.medicinenet.com/allergy/article.htm.

4 komentar:

  1. Ternyata ada banyak sekali penyebab terjadinya alergi.
    Bila kita telah mengetahui sumber penyebab alergi yang kita alami, baiknya menghindari sumber pemicu alergi Anda. Agar tidak kambuh lagi.

    ReplyDelete
  2. Ana@ Ya kita mesti menjaga kesehatan karena sehat itu mahal harganya. Makasih Ana sdh mampir.

    ReplyDelete
  3. Saya juga menderita penyakit alergi kang, saya alergi debu. Saya sangat sulit untuk mencegah agar alergi tidak kambuh. Saat saya bersih-bersih otmomatis alergi kambuh, ketika bepergian keluar ruamh pun seperti itu. Saya jadi kerepotan untuk mengantisipasinya.

    ReplyDelete
  4. Bermanfaat sekali nih kang informasinya, memang benar ada beragam sekali pemicu terjadinya alergi. Adik saya juga mengalami alergi udang.

    ReplyDelete

loading...