Home » , , , » Hati-hati Menggunakan Internet Sobat, ada BDCS Indonesia

Hati-hati Menggunakan Internet Sobat, ada BDCS Indonesia

Hati-hati Menggunakan Internet
HATI-HATI menggunakan internet Sobat, ada BDCS. Apa sih BDCS? Yaitu kepanjangan dari Big Data Cyber Security. Mulai saat ini Polisi Internet melalui BDCS akan mengawasi segala tindak tanduk pengguna internet baik percakapan, melalui media sosial seperti yang sudah saya utarakan pada posting sebelumnya. Hindari dengan mengirim kartun, gambar, atau bahan yang lainnya yang bersifat menghina, menjelekkan seseorang atau individu, lembaga atau instansi, lambang negara, tokoh pemimpin, dan yang sifatnya mencemarkan nama baik.

Itu artinya segala bentuk percakapan melalui cyber media sosial seperti WA, Line, Telegram, BBM dan yang lainnya akan terekam secara otomatis melalui BDCS. Jangan sampai berurusan dengan Polisi Internet (Cyber Crime Police). Gunakanlah internet se-bijaksana mungkin untuk hal-hal yang positif, karena memang tidak ada gunanya menghina atau mencemarkan nama baik orang lain. Salah-salah bisa jadi bumerang buat kita sendiri yang berbuat demikian.

Tetapi hal tersebut diatas dijelaskan oleh Kementerian Komimfo karena termasuk berita HOAK katanya. Pada prinsipnya, pengawasan terhadap aktivitas seseorang di Internet dapat melanggar hak konstitusi warga negara khususnya mengenai privasi dan kebebasan berekspresi serta berkomunikasi. Perlindungan terhadap privasi, dan kebebasan berekspresi serta berkomunikasi merupakan bagian penting dari pengembangan demokrasi dan selaras dengan instrumen internasional.

Terlepas dari benar dan tidaknya berita tersebut diatas, kita sebagai warga negara pengguna internet yang baik tidak ada salahnya karena memang untuk sesuatu hal yang sifatnya sensitif apalagi sudah menjurus pada SARA tidak boleh sembarangan diposting pada media sosial. Dan itu kembali lagi pada pribadi kita masing-masing. Tinggal pilih menggunakan internet dengan sebaik mungkin atau sebaliknya. Semua terserah Anda.

Demikian Sobat hanya share info saja dan semoga bermanfaat bagi kita semua. Amin. (kangtebe.net).*

22 komentar:

  1. Jujur mas sekarang saya pribadi cukup prihatin dengan MedSos soalnya isi stausnya kebanyakan saling hasut dan saling tebar kebencian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aina@ Bener sekali Aina, susah sih ya kalo udh niatnya jelekmah, padahal karena perbuatannya bisa jadi boomerang buat mereka.

      Delete
  2. Di MedSos sekarang makin parah aja ya Kang..pada saling caci maki..hehe

    ReplyDelete
  3. Syahran@ Ya begitulah Bang kelakuan orang2 yang iseng atau memang sengaja, tapi nanti juga kena batunya Bang, kan ada peribahasa "Mulutmu, Harimaumu" bukan begitu Bang? hahaaayy..

    ReplyDelete
  4. Bijaklan dan menggunakan Internet, jangan sampai mengatasnakan kebebasan berekspresi tapi melanggar etika

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hendi@ Betul Kang Hendi seharusnya memang begitu, tapi ya begitulah orang yg tidak punya aturan Kang.

      Delete
  5. kalo benar adanya emang itu sudah melanggar konstitusi, hal itu pernah dilakukan oleh intel AS, seperti di film snowden. merekam setiap aktifitas termasuk mobile messenger

    ReplyDelete
  6. Intan@ Bener sekali Mba Intan, walau bagaimanapun para pengguna medsos punya privasi yang harus dilindungi hak mereka. Makasih ya dah mampir.

    ReplyDelete
  7. Memang betul, kita sbg pengguna internet harus bisa menggunakannya dengan hal-hal yang positif dan bijaksana, agar tidak ada masalah yang akan muncul di kemudian kelak.

    ReplyDelete
  8. Cella@ Ya Kawan, sudah banyak terjadi dan terbukti di medsos. Makanya kudu ati2 sekali.

    ReplyDelete
  9. Bener kang, kalau kita tidak pintar-pintar menggunakan internet dengan baik bisa merugikan diri kita sendiri bahkan orang lain.

    ReplyDelete
  10. Berbicara mengenai kasus yang berhubungan dengan medsos akhir-akhir ini, sangat banyak. Kita sbg pengguna baiknya lebih berhati-hati, menjaga sikap walaupun dalam dunia maya. Seperti tidak mencela / menghina, membuat kerusuhan dsb.

    ReplyDelete
  11. Eko@ Itulah mengapa ada Cyber Security untuk mengawasi tindak tanduk netter yg kurang kontrol dalam berbicara.

    ReplyDelete
  12. Saat ini ada kasus persekusi di daerah Jakarta, saya melihatnya dari TV kejadian itu bermula dari cuitan seorang remaja ABG mengenai kata-kata tidak pantas di medsos pada pihak FPI. Pihak FPI melakukan persekusi terhadap ABG tersebut kemudian konflik berkepanjangan hingga saat ini.

    ReplyDelete
  13. Rahman@ Ya itulah karena dari unsur sengaja atau tdk sengaja dengan ciutannya, jd menanggung akibat ciutan sendiri.

    ReplyDelete
  14. Saran saya sih, lebih berhati-hati kalau mau posting / menulis sesuatu di medsos. Apakah ada unsur menyinggung / mencela orang lain atau kah tidak ?

    ReplyDelete
  15. Perkembangan internet yang semakin pesat, makin memudahkan akses seseorang. Misalnya dalam hal positif menemukan suatu barang, tempat, dll.
    Bila di gunakan pada orang yang tepat bisa memudahkan seseorang mengakses video porno, dll yang tidak mendidik.

    ReplyDelete
  16. Bener nih, kita harus lebih berhati-hati bila ingin menggunakan internet.

    ReplyDelete
  17. Saya sangat setuju BDCS ini bisa mengantisipasi segala bentuk yang negatif.

    ReplyDelete
  18. Bener nih, banyak banget orang yang menyudutkan seseorang baik itu dari segi agama, pangkat dan lainnya. Kalau melanggar tentu akan di kenai sanksi juga kan. Jadi lebih baik hindari.

    ReplyDelete
  19. Kasus bayi Deborah yang akhir-akhir ini heboh di perbincangkan pun, berasal dari unggahan seseorang di medsos makanya semua orang tahu dan menindak lanjuti kasus penelantaran bayi tsb.

    ReplyDelete

loading...